Rabu, 24 Juli 2013

Sekilas Tentang Kota Balikpapan

Hai,perkenalkan nama ku Adeboby Ramadhan kuliah di UMM jurusan Pendidikan Biologi.Aku berasal dari kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.Ada yang tau gak tentang Balikpapan? mungkin temen-temen baru denger haha.Oke aku bakal ngejelasin sedikit tentang kota asal ku yaitu Kota Balikpapan. 
merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur (Kaltim), Indonesia. Balikpapan memiliki penduduk sekitar 637.488 jiwa, yang merupakan 18 % dari keseluruhan penduduk Kaltim. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia.Logo dari kota yang sering disebut Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung ini adalah beruang madu, maskot Balikpapan yang mulai di ambang kepunahan. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan atau Balikkappan (logat Banjar).Memang Balikpapan pantas menyandang Kota dengan kebutuhan hidup termahal di indonesia,kenapa? karena saya pun merasakannya sendiri hehe.contoh nya saja dalam hal makanan,di Balikpapan kamu harus mengeluarkan uang skitar 10 - 20 ribu untuk makan,sedangkan yang saya rasakan di Malang,dengan 10 ribu saja sudah bisa mendapatkan makanan yang enak dan mengenyangkan haha.Itu hanya contoh dari hal makanan belum yang lain hehe.
Oh ya,temen-temen pada tau gk kenapa Balikpapan disebut sebagai kota minyak?apa karena di Balikpapan banyak yang jualan minyak? haha gk lah,Balikpapan disebut sebagai kota minyak karena di Balikpapan terdapat kilang minyak Pertamina,kilang tersebut terdapat di daerah jalan minyak.Oh ya aku hampir lupa ngasih tau kalian asal usul nama kota Balikpapan,nih ada 4 versi menurut Wikipedia :

  • Adanya 10 keping papan yang kembali ke Jenebora dari 1.000 keping yang diminta oleh Sultan Kutai sebagai sumbangan bahan bangunan untuk pembangunan Istana Baru Kutai Lama. Kesepuluh papan yang balik tersebut disebut oleh orang Kutai Balikpapan Tu. Sehingga wilayah sepanjang Teluk Balikpapan, tepatnya di Jenebora disebut Balikpapan.[14]
  • Suku Pasir Balik (suku asli Balikpapan) adalah keturunan kakek dan nenek bernama Kayun Kuleng dan Papan Ayun. Sehingga daerah sepanjang Teluk Balikpapan oleh keturunannya disebut Kuleng-Papan atau artinya Balikpapan (dalam bahasa Paser, Kuleng artinya Balik).
  • Dalam legenda lain juga disebutkan asal-usul Balikpapan, yaitu dari seorang putri yang dilepas oleh ayahnya seorang raja yang tidak ingin putrinya tersebut jatuh ke tangan musuh. Sang putri yang masih balita diikat di atas beberapa keping papan dalam keadaan terbaring. Karena terbawa arus dan diterpa gelombang, papan tersebut terbalik. Ketika papan tersebut terdampar di tepi pantai ditemukan oleh seorang nelayan dan begitu dibalik ternyata terdapat seorang putri yang masih dalam keadaan terikat. Konon putri tersebut bernama Putri Petung yang berasal dari Kerajaan Pasir. Sehingga daerah tempat ditemukannya dinamakan Balikpapan.
  • Hari jadi kota Balikpapan adalah tanggal 10 Februari 1897. Penetapan tanggal ini merupakan hasil Seminar Sejarah Balikpapan pada tanggal 1 Desember 1984. Tanggal 10 Februari 1897 ini adalah tanggal pengeboran minyak pertama di Balikpapan yang dilakukan oleh perusahaan Mathilda sebagai realisasi dari pasal-pasal kerjasama antara J.H. Menten dengan Mr. Adams dari Firma Samuel dan Co.[15]

 Sebenernya masih banyak lagi hal yang menarik dari Kota Balikpapan,tapi aku gk bisa menyampaikan semuanya,mending kalian pada datang langsung aja ke Balikpapan hehe.See you in next post ya guys :D








Tidak ada komentar:

Posting Komentar